Rahasia Awet Muda Meski Umur Tua

Rahasia Awet Muda Meski Umur Tua


Ada banyak cara yang bisa ditempuh agar Anda bisa terlihat awet muda. Salah satunya adalah dengan menerapkan diet sehat.
Jika selama ini tujuan orang berdiet hanya untuk menurunkan berat badan, kini ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan berdiet yakni awet muda.
Banyak penelitian membuktikan bahwa asupan makanan yang sehat dan kaya akan zat gizi baik untuk mencegah penuaan dan menjaga tubuh tetap sehat seiring bertambahnya usia.
Makanan apa saja yang dapat membuat Anda awet muda meski usia bertambah, berikut di antaranya:

Pilih yang Berwarna

Warna buah dan sayur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen baik untuk mencegah penuaan dini dan kepikunan. Senyawa tersebut juga mampu mencegah munculnya garis-garis wajah dan menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah.
Kandungan antioksidan pada sayur dan buah-buahan berwarna tersebut juga berfungsi sebagai anti radikal bebas, anti kanker dan anti inflamasi. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran dengan berbagai warna berbeda, karena masing-masing warna memiliki manfaat kesehatan tersendiri.

Pilih Lemak Tak Jenuh Tunggal

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata tidak semua lemak bisa merugikan kesehatan. Secara umum lemak terbagi menjadi tiga jenis, yaitu lemak jenuh, lemak tidak jenuh, dan lemak trans. Masing-masing memiliki struktur kimia dan bentuk yang berbeda.
Lemak jenuh dan lemak trans adalah lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang mengakibatkan plak dan sumbatan pada pembuluh darah. Jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, maka bisa memicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke.
Sedangkan lemak tidak jenuh dikenal sebagai lemak baik karena bersifat menguntungkan bagi kesehatan. Menurut para ahli lemak jenis ini dapat meningkatkan antibodi pada tubuh, menurunkan kolesterol jahat LDL, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Lemak tak jenuh tunggal juga bermanfaat pada penampilan Anda. Konsumsi makanan berlemak sehat dipercaya mencegah kerusakan kulit seiring pertambahan usia.

Sedikit Anggur Merah

Baik dengan konsumsi buah anggur merah segar maupun minum satu gelas anggur merah atau red wine sekitar empat kali seminggu dalam jumlah sedikit telah terbukti mengurangi risiko serangan jantung, diabetes dan penyakit yang mengancam nyawa lainnya. Ini merupakan salah satu manfaat dari anggur merah yang kaya akan flavonoid, antioksidan kuat yang berasal dari kulit buah anggur merah.
Tim peneliti dari University of Wisconsin yang mempublikasikan risetnya dalam jurnal PLoS ONE belum lama ini menambahkan bahwa kandungan resveratrol dalam anggur merah menunjukkan potensi besar bagi perlindungan organ jantung terhadap proses penuaan.

Minum Teh Hijau

Dilengkapi dengan antioksidan kuat yang disebut catechins, teh hijau bisa menjadi zat anti penuaan terbaik yang dapat Anda masukkan ke dalam cangkir Anda. Minum satu cangkir sehari akan mengurangi risiko tekanan darah tinggi sebesar 46%.

Makanan Bervitamin C

Kandungan vitamin C pada makanan yang Anda konsumsi penting untuk pembentukan kolagen, sebuah komponen vital agar kulit tampak lebih muda. Jeruk, stroberi, pepaya, paprika, brokoli adalah beberapa makanan yang kaya vitamin C dan juga kaya akan bioflavonoid yang menjaga kulit dari sinar UV dan membantu mencegah kematian sel.

Jaga Berat Badan

Para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita dewasa yang mampu menjaga berat badan idealnya sejak usia remaja memiliki risiko 66% lebih rendah terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan batu empedu dibandingkan dengan wanita yang mengalami kenaikan berat 5-6 kg di usia pertengahannya.
Di luar semua usaha yang Anda lakukan, hormon yang membantu menjaga otot-otot Anda akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia. Untuk itu, yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur polamakan dengan baik, dan mulailah berolahraga teratur agar tubuh tetap bugar dan awet muda.

Post a Comment