Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Secara Alami 

batuk memiliki dua jenis yaitu ada batuk berdahak dan batuk juga batuk kering, karna berbeda jenis batuk ini maka pengibatannya pun berbeda.
sebelum membahas bagaimana cara penanganannya, dipersilahkan anda untuk membaca Pantangan penderita asam urat dan kita akan membahas hal apa saja yang menjadi penyebab batuk kering dan batuk berdahak.
simak penjelasannya dibawah ini!

cara mengobati batuk berdahak dan tidak berdahak

Penyebab batuk Berdahak

  1. Peradangan (Inflamasi) Pernafasan
    Penyebab batuk berdahak yang pertama yaitu karena adanya inflamasi pernafasan yang bisa memicu terjadinya batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.
  2. Asap Rokok, Asap kendaraan dan Polusi udara
    Batuk berdahak juga dapat disebabkan oleh asap rokok, asap kendaraan dan polusi, maka dari itu, jauhkanlah asap dari sekitar tempat tinggal anda. Kalaupun anda ingin keluar rumah, jangan lupa pakailah masker untuk melindungi saluran pernapasan anda.
  3. Infeksi Pada Saluran Pernafasan
    Penyebab selanjutnya yaitu karena adanya infeksi virus pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat dan membandel.
  4. Flu yang berlebihan
    Flu berlebihan adalah salah satu penyebab anda bisa terkena penyakit batuk berdahak. Hangatkan tubuh anda untuk mengurangi flu yang berlebihan ini.
  5. Meningkatnya asam Lambung
    Meskipun pada kebanyakan kasus jarang sekali terjadi, tapi ternyata meningkatnya asam lambung bisa menjadi pemicu terjadinya batuk berdahak.



5 Penyebab Batuk Kering tidak Berdahak

Batuk meruakan penyakit yang sering kali kita anggap sepele, namun tahukan anda ternyata batuk juga bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Terutama batuk kering, yang bisa menyebabkan tenggorokan berdarah. Anda tidak mau kan ini terjadi pada anda? untuk itu yuk kita cari tahu apa saja sih penyebabnya? berikut penyebab batuk kering tidak berdahak :

  1. Infeksi Pernafasan
    Jika anda menderita infeksi pada saluran pernafasan, biasanya anda akan mengalami batuk kering tak berdahak. Batuk kering bisa berlangsung kurang lebih selama 2 minggu. Namun jika sakit berlanjut, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis dibidangnya.
  2. Meningkatnya asam lambung dan Refluks Asam
    Hal ini bisa terjadi saat anda mengkonsumsi makanan pedas yang bisa menjadi penyebab meningkatnya jumlah asam lambung dalam tubuh. Sehingga asam lambung naik ke tenggorokan.
  3. Penyakit Serius / berbahaya
    Batuk juga dapat disebabkan oleh beberapa jenis penyakit serius seperti radang paru-paru, atau bahkan kanker.
  4. Effek Samping Obat
    Tahukan anda, ternyata beberapa obat juga bisa menimbulkan effek samping yang bisa jadi penyebab batuk kering. Karena sebagian obat sifatnya untuk mengontrol tekanan darah yang bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan terjadinya batuk kering.
  5. Reaksi Alergi
    Salah satu penyebab batuk kering yang karena adanya alergi, yang menyebabkan tenggorokan gatal mata memerah atau iritasi dan menyebabkan batuk kering. Untuk menghentikan batuk karena alergi, anda harus bisa menemukan penyebab alergi terlebih dahulu, agar anda bisa mengobati batuk kering


Tips untuk Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering


Jika anda terserang penyakit batuk, entah itu batuk berdahak ataupun batuk kering, anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :


  • Jauhi tempat berdebu dan tempat yang dingin.
  • Jaga agar kondisi tubuh Anda tetap hangat, untuk itu pakailah jaket, syal, selimut atau apapun itu yang bisa membuat anda hangat.
  • Usahakan jika anda mandi, pakailah air hangat
  • Anda terbiasa minum alkohol? atau sudah terbiasa merokok? maka kurangilah atau bahkan hindari, karena dua hal tersebut bisa memperparah batuk anda
  • Jangan bekerja terlalu keras hingga membuat badan anda drop, istirahatlah secara teratur
  • Perbanyaklah minum air putih, minimal 7-8 gelas / harinya.




Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Selain dengan melakukan tips diatas, anda juga dapat membuat ramuan herbal berikut ini untuk mengtasi batuk berdahak :


  1. Ramuan Jahe dan kencurMengapa harus jahe? Karena jahe mengandung zat anti-bakteridan bisa menghangatkan tubuh selain itu juga dapat mengobati batuk berdahak. Bagi Anda yang sekarang sedang terserang batuk berdahak, cobalah meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Untuk membuat ramuan jahe dan kencur caranya cukup mudah, yaitu pertama anda harus menyediakan jahe sebanyak 2 jari / secukupya dan kencur secukupnya. Setelah itu iris jahe dan kencur tersebut, baru kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah itu saring air rebusan jahe dan kencur tadi, lalu anda minum, minimal 1 hari sekali.
  2. Jeruk nipis di campur madu atau kecapJeruk Nipis jika dicampurkan dengan kecap atau madu telah lama dipercaya ampuh dalam mengobati batuk berdahak. Caranya sediakan 1 atau secukupnya jeruk nips, kemudian potong jadi 2 bagian. Setelah itu peras air jeruk nipis tersebut kemudian campurkan dengan kecap. Selanjutnya anda minum 2-3 kali dalam sehari. Bagi anda yang tak suka kecap, anda bisa menggantinya dengan madu
  3. Daun Sirih dan JaheSeperti yang telah kita ketahui, bahwa daun sirih memang mempunyai sejuta manfaat. Misalnya saja bisa digunakan untuk mengobati "Cara Mengobati Keputihan Secara Alami" dsb. Selain itu ternyata daun Sirih juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya kemudian campurkan dengan potongan Jahe. Setelah itu air rebusannya diminum sebanyak minimal 1x / hari, tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat dan sehat.


Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Kering


Sedangkan untuk mengobati batuk kering anda dapt membuat beberapa ramuan dari beberapa bahan alami berikut ini :



  1. Daun Kemangi 
    Daun kemangi merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Daun kemangi juga mempunyai aroma yang khas dan hangat. Daun kemangi mempunyai banyak manfaat salah satunya yaitu untuk mengobati batuk. Cara pengolahannya yaitu, sediakan 5-7 lembar daun kemangi, kemudian rebus dalam 1-2 gelas air, saringlah air rebusan dari daun kemangi tersebut dan minum air rebusan daun kemangi tersebut minimal 1x/ hari hingga batuk anda benar-benar sembuh
  2. Belimbing wuluh
    Sediakan 5-10 buah blimbing wuluh, kemudian cuci dan haluskan menggunakan blender. Selanjutnya campurkan dengan 1 cangkir air masak dan sedikit garam. Kemudian peras dan saring campuran buah belimbing wuluh tersebut dan minumlah 2 x sehari setiap pagi dan petang hingga batuk anda sembuh.
  3. Kencur
    Sediakan bahan yaitu 1 rimpang kencur, kemudian cuci dan kunyah halus dengan sedikit garam. Kemudian telan sambil dibantu dengan meminum air hangat. Lakukan pengobatan ini 2 x sehari, pagi dan sore hari.
  4. Kunyit
    Selain ampuh mengobati penyakit maag, ternyata kunyit juga bisa dijadian sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering. Cara pembuatannya adalah tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.
  5. Bunga mawar
    Selain indah, ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi batuk. caranya cukup mudah, ambil bunga mawar segar kurang lebih sekitar sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu secukupnya. Minum sebanyak dua kali sehari, hingga batuk anda berkurang dan sembuh. (cara ini belum saya coba)
  6. Daun asam muda
    juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.
  7. Campuran Teh dan Jahe 
    Kalau untuk teh dan jahe mungkin anda semua sudah tahu manfaatnya. Selain enak, teh dan jahe juga punya banyak manfaat yang salah satunya yaitu sebagai obat penyembuh batuk. Caranya yaitu, sediakan 1 jari jahe dan segelas teh hangat / agak panas. Setelah itu cuci bersih jahe tersebut dan iris2, selanjutnya campurkan dengan teh yang diseduh dengan air hangat/agak panas tadi. Setelah itu minumlah 2x/hari.
Itulah tips bagaimana cara mengobati batuk berdahak dan batuk kering secara alami. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat khusunya bagi anda yang membaca dan sedang membutuhkan informasi ini dan klik ini jika anda membutuhkan informasi Cara mempertebal rambut tipis

Hati-hati, jangan pernah meremehkan batuk kering karena jika terlalu lama dibiarkan bisa menyebabkan batuk berdarah dan tidak bisa disepelekan!
Post a Comment